Selasa, 29 Januari 2013

ragum unifersal



Ragum 

Ragum merupakan peralatan cekam yang paling sering digunakan pada proses pengefraisan. Ragum dapat digunakan untuk mencekam benda kerja berbentuk kotak, bulat, maupun menyudut yang dapat digunakan untuk mengefrais alur pasak, alur, permukaan datar, sudut, gigi rack, dan alur T (T slot)
Selain sering digunakan untuk mengefrais, Ragum juga sering digunakan untuk menjepit benda kerja yang akan dikikir, dipahat,digergaji,di tap,di sney,dan lain lain.Dengan memutar tangkai (handle) ragum,Maka mulut ragum akan menjepit atau membuka/melepas benda kerja yang sedang dikerjakan. Bibir mulut ragum harus dijaga jangan sampai rusak akibat terpahat,terkikir dan lain sebagainya.
Terdapat tiga jenis ragum yang dapat digunakan di mesin frais, ketiga ragum tersebut adalah :
  • a)     Ragum lurus
Ragum lurus dikencangkan pada meja mesin frais dengan memanfaatkan alur T yang terdapat pada meja mesin frais. Ragum ini dapat dikencangkan dengan menggunakan kunci pas.
  • b)    Ragum sudut
Ragum ini digunakan untuk menjepit benda kerja yang harus membentuk sudut terhadap spindle(poros putar ). Bentuk ragum ini sama dengan ragum biasa tetapi pada bagaian bawahnya terdapat alas yang dapat diputar 360 derajat.
  • c)     Ragum universal

ragum universal
ragum universal merupakan salah satu alat bamtu dari mesin frais. ragum universal berbeda dengan ragum sudut. ragum sudut hanya dilengkapi dengan pengatur sudut hingga 360˚pada arah horizontal saja. Sedangkan ragum universal selain dilengkapi dengan pengatur sudut horizontal dengan kelengkapan ini ragum dapat di putar/digerakan 360˚ ragum ini juga di lengkapi pengatur sudut vertikal.dari delebihan yang dimiliki oleh ragum universal maka ragum ini dapat menjepit benda kerja pada segala posisi,cara pemasangan ragum universal cukupo mudah yaitu dengan meletakkan ragum pada meja mesin frais dengan memanfaatkan alur T yang terdapat pada meja mesin frais. Ragum ini dapat dikencangkan secara cepat dengan menggunakan kunci pas/engkol. Tetapi ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum memasang ragum unuversal yaitu:
·         Bersihkan alas meja mesin frais dan alas ragum universal dari gram dengan menggunakan lap khusus. hal ini dilakukan dilakukan agar ragum universal tidak miring pada saat pemasangan akibat terganjal oleh gram.
·         Periksa kesejajaran mulut ragum universal dengan meja mesin frais dengan menggunakan dial indikator. Hal ini dilakukan agar rahum universal dapat terpasang dengan baik dan sejajar.
Kedua hal tersebut sangat perlu dilakukan agar benda kerja dapat terselesaikan dengan baik.sebelum dilakukan pengefraisan, atur terlebih dahulu sudut dari ragum universal sesuai dengan kebutuhan. Pd saat pencekaman, benda kerja harus dikencangkan secara kokoh. Hal ini dilakukan agar pada waktu pengefraisan benda kerja tidak terlepas. Jika benda kerja terlepas maka hasil pengefraisan akan menjadi tidak sempurna, dan akan terjadi kecelakaan kerja, dan kemungkinan besar juga akan terjadi retaknya pisau frais.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar